Teman2 pecinta matematika....
ada tebak2an yang butuh logika ni untuk menyelesaikannya.... (anak matematika harusnya ahli dooong....^_^)
kayak gini nich soalnya :

Tiga sekawan masuk ke hotel untuk menginap. Kata petugas, harga sewa kamarnya Rp.300.000. Masing-masing mengumpulkan uang Rp.100.000 untuk membayarnya. Setelah ketiga orang tadi pergi menuju kamar, sang petugas sadar bahwa harga sewa kamarnya seharusnya cuma Rp.250.000.
Kemudian sang petugas meminta Bel-boy untuk menyerahkan uang Rp.50.000 kepada ketiga orang tadi. Karena uang Rp.50.000 berbentuk pecahan Rp 10.000, si Bel-boy hanya menyerahkan uang kepada ketiga orang tadi sebesar Rp.30.000, sedangkan yang Rp 20.000. disimpan untuknya. Uang yang Rp.30.000 tersebut dibagi-bagi ke tiga orang tadi, masing-masing Rp.10.000.
Sehingga, bila dihitung-hitung, masing-masing orang hanya membayar Rp.90.000. Jadi, bertiga sebenarnya membayar 3 x Rp. 90.000 = Rp 270.000. Bila ditambahkan ke uang Rp.20.000 yang dipegang si Bel-boy, maka jumlahnya Rp.290.000. Lantas yang Rp. 10.000 lagi ke mana?

Ada yang bisa langsung jawab?????
Kalo bisa 4 jempol deh buat yg bisa langsung jawab dan bener.....
hehehehehehehe....
Kalo blm ktemu jwbnya, dipikirin  dulu yaaa........ kalo udah ketemu langsung koment aja...gak usah ragu2......
ku tunggu jawabannya...:)

2 komentar:

Pakai cara garis bilangan

sisa uang 10.000 itu tidak ada, itu hanya angka abstrak yang digunakan untuk mengecoh.
Jadi jawabannya : sebenarnya 3 pemuda tersebut hanya membayar 90.000 per-orang karena si bel-boy telah mengembalikan uang 30.000 nya kepada ketiga pemuda tadi.
300.000 (total patungan) - 250.000 (harga sewa fix) = 50.000 (kembalian) - 20.000 (diambil bel-boy) = 30.000 : 3 (pemuda) =10.000 per-orang
Jadi sebenarnya mereka hanya membayar 90.000 perorang.. Dan bukan 100.000 perorang, karena yang (30.000 kembalian dari belboy sudah dikembalikan kepada 3 pemuda tadi dan sudah di bagi rata =10.000/orang. Jadi... 30.000 nya jangan ditambah lagi kedalam harga sewa awal. Jadi sama saja total patungan mereka bertiga adalah Rp. 270.000 )

90.000 x 3 = 270.000 - 250.000 = 20.000 - 20.000 (bel-boy =0 (habis tidak ada sisa)

Poskan Komentar