Akibat Heboh BBM 
Seorang anak kelas 1 SD menanyakan soal matematika kepada ayahnya yg sekolah di tahun 1945-pun tidak lulus.
anak: “ayah-ayah” kata anaknya “1+2 brapa yah?”.
ayah: “setau ayah sih 1+2 itu 3, tp gak tau deh sekarang mungkin 15 atau 20.”.
anak: “loh, kok bisa gitu yah? kan emang 1+2 itu 3.”
ayah: “bisa aja nak, kalau BBM naik pasti semua juga naik.
Berapa Uang Kembaliannya?
Ada bocah yang baru punya aquarium, lalu beli ikan mas di Abang-abang… Dia punya duit Rp7.000, trus harga ikannya 4.500.. Nah berapa kembaliannya??? (bagi Pencinta Matematika silakan jawab!!)
Jawab: Biasanya kalo orank yg SD-nya 6  taun pasti jwabnya Rp2.500… Tapi kalo SD-nya 5 taun pasti jawabnya Rp500!!!
Dan yg bener jawabnya Rp500…
Lho??? Ko Knapa 500..??
Alasan: Ya iyalah..!! Mana ada beli ikan ngasih’a Rp7.000, pasti nagsihnya Rp5.000 doank kan… Ya kalo gitu kembali Rp500 deh…!! Gitu ja ko repot???

KOMIK MATEMATIKA
ada yg tau berapa harga kaos nya??? kalo tau langsung jawabb yaa....
yg ini unik teman...kalo ada yang mau ngasih tebakan, dan meminta kita untuk memilih bilangan dari 1 sampai 10,, kita bisa saja memilih bilangannya yang aneh2 seperti bilangan pecahan, bilangan irasional yang berupa akar-akar dsb.....pasti yang mau ngasih tembakan jadi bingung sendiri...:) 




Haii teman2.....kita akan membahas tentang rubik. Pasti udah pada kenal rubik kan?  Rubik berbentuk kubus yang bisa diputar2 agar bisa mendapatkan susunan warna yang sama pada setiap sisi kubus.
Banyak sekali macam-macam rubik. Tapi yang paling sederhana adalah rubik 3 X 3, walaupun paling sederhana jangan kira mudah menyelesaikan rubik 3×3 ini. Nah ini dia sekilas cara menyelesaikan permainan rubik dengan mudah.

Ada banyak sekali teknik bermain rubik 3×3, dan ini adalah salah satu teknik dasar. Sebelum anda memulai, ada baiknya anda mengetahui istilah-istilah yang akan digunakan dalam rumus kubik nanti.

Up (U) : bagian atas rubik
Down (D) : bagian bawah rubik
Right (R) : bagian kanan rubik
Left (L) : Bagian kiri rubik
Front (F) : Bagian depan rubik
Back (B) : Bagian belakang rubik

Seluruh gerakan diatas digerakkan searah jarum jam. Sedangkan apabila huruf tersebut diberi tanda aksen misalnya R’ atau L’, itu berarti bagian tersebut digerakkan berlawanan arah jarum jam.
Metode Bermain Rubik 3×3 (klik untuk perbesar)

Langkah-langkah Cara Menyelesaikan Rubik 3×3 dengan Rumus Rubik 3×3
Step 1
- Membuat cross (+) putih dengan center kuning.
- Mencocokan warna di bawah tanda cross kemudian memutarnya (F2) sehingga cross putih sekarang bercenter putih.

Step 2
- Membuat bagian bawah berwarna putih semua sekaligus “T”
– Rumus : R U R’
- Mencocokkan 2 baris warna di bagian bawah.
–Rumus : U R U’ R’ U’ F’ U F

Step 3
- Membuat cross kuning bercenter kuning.
(i) Jika ada bagian kuning yang membentuk huruf L, maka letakkan L tersebut di pojok kanan bawah (terbalik tentunya)
– Rumus : f R U R’ U’ f’
(ii) Jika bagian kuning membentuk garis (3 warna sama sebaris) dengan melewati center, maka letakkan garis dalam posisi horisontal.
– Rumus : F R U R’ U’ F’
(iii) Jika tidak membentuk apa-apa (hanya ada 1 titik kuning di center).
– Rumus : F R U R’ U’ F’ f R U R’ U’ f’

Step 4
- Membuat bentuk “ikan” terlebih dahulu.
– Cari warna kuning pada bagian F pojok kanan atas.
– Rumus : R U R’ U R U2 R’
- Membuat bagian atas menjadi seluruhnya berwarna kuning.
– Rumus : R U R’ U R U2 R’

Step 5
- Membuat kedua ujung atas F menjadi sama warna.
(i) Jika sudah ada sisi yang sama, letakkan di kiri.
(ii) Jika tidak lanjutkan saja.
– Rumus : R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L
- Memindahkan bagian tengah atas F sehingga seluruh sisi menjadi sama warna.
(i) Jika bagian yang akan dipindahkan berlawanan arah dengan jarum jam, maka gunakan U’ dalam rumus berikut.
(ii) Jika bagian yang akan dipindahkan searah dengan jarum jam, maka gunakan U dalam rumus berikut.
– Rumus : F2 (U/U’) L R’ F2 R L’ (U/U’) F2




Gimana teman2?? Agak pusing ya..? 
Tapi setelah dicoba pasti ketagihan deh.........
oke???
Selamat Mencoba....!!!!






sumber : rumusterbaru.blogspot.com

Teman2, apakah ada yang bisa membuktikan bahwa 1=2 ???
Pasti gak percaya kan??
Coba liat pembuktian berikut ini :
[1=2.bmp]

Pasti pada heran.....??
Eeeitss... tapi jgn percaya dulu teman2..
Dari pembuktian tersebut ada langkah yang salah...
Apakah teman2 ada yang bisa melihat mana langkah yang salah??
Ku tunggu jawabannya yaa......langsung koment aja... oke????

gambar diambil dari shy_pool.blogspot.com

Teman2,, saya ingin memperkenalkan kepada kalian suatu metode pembelajaran matematika yang saat ini sudah cukup banyak berkembang di Indonesia. Metode pembelajaran ini disebut KUMON, dan berasal dari Jepang.  Metode ini tercipta karena kecintaan seorang Ayah yaitu MR. Toru Kumon kepada anaknya. 


Metode Kumon adalah metode belajar perseorangan. Level awal untuk setiap siswa Kumon ditentukan secara perseorangan. Siswa mulai dari level yang dapat dikerjakannya sendiri dengan mudah, tanpa kesalahan. Lembar kerjanya telah didesain sedemikian rupa sehingga siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya. Jika siswa terus belajar dengan kemampuannya sendiri, ia akan mengejar bahan pelajaran yang setara dengan tingkatan kelasnya dan bahkan maju melampauinya.


Keistimewaan Kumon

Senang Belajar Mandiri


Metode Kumon adalah cara belajar perseorangan. Setiap siswa maju dengan kemampuannya sendiri. Pembimbing Kumon memberikan dukungan kepada setiap individu siswa dalam mengembangkan kemampuan belajar mandiri.


Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa langsung kunjungi website nya di sini : KUMON






Temen2, matematika itu  gak selalu rumit atau bikin pusiing lhoo..
Matematika juga bisa buat permainan yang asikk..
Berikut ini berbagai macam permainan yang diciptakan dari perhitungan matematika :



Permainan I
Layar kalkulator akan menampilkan tanggal lahir anda, serta usia anda sekarang
1. Masukkan tanggal kelahiran anda pada kalkulator. Dahului bulan kelahiran, diikuti tanggal lahir (untuk angka bulan 1 sampai dengan 9 diketik dengan angka 0 di depannya, misalnya 01 = Januari), kemudian dua digit terakhir dari angka tahun.
2. Kalikan angka itu dengan 2
3. Hasilnya jumlahkan dengan 5
4. Kalikan hasilnya dengan 50
5. Tambahkan dengan 1758 kalau anda belum berulang tahun, atau 1759 jika anda sudah melewati hari ulang tahun anda tahun ini.
6. Kurangkan hasilnya dengan keempat digit angka tahun kelahiran.
Hasilnya adalah satu atau dua digit pertama adalah bulan kelahiran, dua digit kedua adalah tanggal lahir, dua digit ketiga adalah tahun kelahiran, dan dua digit terakhir adalah usia anda sekarang.


Permainan II
Menemukan hari kelahiran anda
Langkah-langkah:
1. Tentukan tanggal kelahiran yang dicarik harinya, misalkan 16 September 2009.
2. Tentukan jumlah hari dalam tahun itu, sejak awal tahun hingga hari lahir. Untuk tahun kelahiran kabisat, atau tahun yang habis dibagi dengan 4 dan seterusnya, maka jumlah hari di bulan Pebruari adalah 29 hari (tahun-tahun kabisat adalah dari sebelumnya … 1968, 1972, 1976, 1980, 1984, 1988, 1992, 1996, 2000, 2004, 2008, 2012, dst)

Tabel 1
Januari=31, Pebruari=28 atau 29, Maret=31, April=30, Mei=31, Juni=30, Juli=31, Agustus=31, September=30, Oktober=31, Nopember=30, Desember=31
Maka jumlah hari adalah 31 (Januari) + 28 (Pebruari) + 31 (Maret) + 30 (April) + 31 (Mei) + 30 (Juni) + 31 (Juli) + 31 (Agustus) + 16 (September) = 259

3. Angka tahun dikurangi dengan 1 = 2009-1 = 2008
4. Hasilnya dibagi dengan 4 dan abaikan angka desimalnya = 2008 : 4 = 502
5. Jumlahkan angka tahun dengan jumlah hari dan hasil perhitungan no.4 = 2009 + 259 + 502 = 2770
6. Hasilnya dibagi dengan 7 = 2770 : 7 = 395,7
7. Perhatikan angka desimalnya, dan cocokkan dengan tabel 2 di bawah. Angka desimalnya 7 = hari Rabu

Tabel 2
0 = Jumat, 1 = Sabtu, 2 = Minggu, 3 = Senin, 4 = Selasa, 5 = Rabu, 6 = Kamis, 7 = Rabu, 8 = Kamis


Permainan III
Layar kalkulator akan menampilkan nomor telepon 7 digit anda
1. Masukkan tiga digit pertama dari nomor telepon anda di kalkulator (tidak termasuk 0 di depannya)
2. Hasilnya kalikan dengan 80
3. Tambahkan hasilnya dengan 1
4. Kalikan 250
5. Hasilnya tambah dengan empat digit terakhir nomor telepon itu
6. Tambahkan sekali lagi dengan empat digit terakhir itu
7. Hasilnya kurangi 250
8. Bagi hasilnya dengan 2


Permainan IV
Layar kalkulator akan menampilkan nomor telepon 12 digit anda
1. Masukkan tujuh digit pertama nomor telepon anda (tidak termasuk 0 di depannya)
2. Kurangkan dengan angka dua digit terakhir dari tujuh angka no.1
3. Hasilnya kalikan 80
4. Tambahkan dengan 1
5. Kalikan hasilnya dengan 250
6. Tambahkan hasilnya dengan enam digit terakhir dari nomor telepon anda
7. Sekali lagi tambahkan dengan angka yang sama
8. Hasilnya kurangi dengan 250
9. Bagi hasilnya dengan 2


Gimana temen2?? asiik kn??
Jgn takut lagi sama matematika yaa...
Matematika itu mengasikkannn...!!!!



NB: Permainan diambil dari berbagai sumber.


Ramses ada seorang pangeran dari negeri Mesir. Suatu hari, sang Pangeran ingin menyampaikan sesuatu kepada sang putri kekasihnya. Tapi rupanya Sang Pangeran malu-malu untuk mengungkapkannya. Maka dibuatlah teka-teki ini dan diberikannya kepada sang putri. Katanya: “Putri, berilah angka 1 sampai 0 untuk huruf-huruf KING RAMSES”
Maka sang Putri memberi angka kepada huruf-huruf itu sehingga menjadi:
K I N G R A M S E S
1 2 3 4 5 6 7 8 9 0
“Pilihlah 3 angka, lalu dari ketiga angka itu ambillah nilai terbesar”
Sang Putri mengambil angka 1,7, dan 9. (coba kamu ambil angka lain ). Dari ketiga angka itu bilangan dengan nilai terbesar adalah 971.
“Balik susunan angkanya dan kurangkan”
Sang Putri membalik urutan angkanya sehingga menjadi 179 dan mengurangkan 971 dengan 179.
Hasil yang diperoleh dari pengurangan itu pastilah salah satu dari bilangan berikut ini:
099
198
297
396
495
594
693
792
891
990
“Hasil yang diperoleh dibalik urutan angkanya dan dijumlahkan dengan hasil semula tadi”
“Jika sudah kalikan hasilnya dengan 111″
“Hasil yang kamu peroleh, cocokan dengan huruf-huruf tadi. Kalimat apa yang kau peroleh??”
Sang Putri hanya tersenyum dan bertanya pada Pangeran: di mana?? :-D
kalian semua sudah tahu kan apa yang dimaui Pangeran??? hehehe… :-) 

Sumber dari :


WASHINGTON—Seorang pria asal Tacoma, Washington AS tiba-tiba menjadi jenius Matematika setelah mengalami kerusakan bagian otaknya akibat peristiwa perampokan 10 tahun silam.
Pria bernama Jason Padgett, 41, kini mampu meramu rumus Matematika dari hal-hal yang ia lihat dan menggambarkannya dengan tangan dalam bentuk diagram. Kini Padgett dianggap sebagai satu-satunya manusia yang memiliki keahlian tersebut.
Sebelumnya ia tak memiliki gelar akademik, tak pernah belajar Matematika secara khusus bahkan ia tak lulus kuliah.
Seperti dilansir ABCNews pekan lalu, sekitar 10 tahun lalu, Padgett yang gemar berpesta dirampok saat keluar dari klub karaoke. Perampok memukul dan menendang kepalanya hingga pingsan dan mengambil uang US$99.
Setelah sembuh, Padgett tiba-tiba terobsesi dengan gambar diagram. Ia seolah melihat kombinasi teorema Pythagoras dalam setiap bentuk. Diagram yang digambarnya disebut fraktal.
Seorang ahli neuron dan filosofi University of Missouri-St. Louis, Berit Brogaard sempat meneliti keunikan Padgett. Menurut dia, luka pada otak Padgett kala itu telah memicu kebrilianan pada area tertentu.
Berita ini diambil dari Solopos